Rindu Mendengar Azan, Pelukan Seorang Gubernur Kepada Wisatawan Kunming Cina

indonesiasatu, 29 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PADANG - Butiran air mata tak kuasa dibendung, tatkala siang itu di Mesjid Raya Sumatera Barat terjadi pertemuan tak terduga antara Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dengan beberapa turis asal Kunming Cina.

Mereka yang datang ke sumbar, begitu rindu ingin mendengarkan azan. Disana nun dinegeri Kunming, umat Muslim tak pernah dengar kumandang azan.

Mendengar azan dan sholat berjamaah bagi mereka di negeri mereka disana, tak mungkin bisa dilakukan. Namun di Sumbar, mereka mendengarkan keajaiban azan. Bagi mereka azan adalah lagu terindah. Bagi mereka sholat berjamaah adalah hal nan langka.

Entah rahmat apa yang diberikan Allah SWT kepada mereka, tatkala siang itu (Rabu, 29 Januari 2020), mereka bertemu dengan pemuka negeri Sumbar, yaitu Irwan Prayitno. Irwan Prayitno selaku Gubernurpun tak menyangka akan berjumpa dengan mereka.

Terjadilah dialog saling sapa sesama ummat Muhammad. Tak ada keraguan sedikitpun dari seorang Irwan Prayitno untuk bersalaman, kontak fisik dan memeluk anak-anak itu. Yang terjadi adalah ukuwwah Islamiyah antar pemeluk Islam.

Tangis haru merekapun pecah saat disambangi Gubernur. Mereka minta maaf, mereka merasa mengusik kenyamanan masyarakat Sumbar. Mereka maklum kekhawatiran sebagian masyarakat sumbar akan bahaya virus corona yang berasal dari negara mereka. Kedatangan mereka yang telah direncanakan berbulan-bulan yang lalu, harus melewati ujian yang berat karena adanya musibah merebaknya virus itu.

Mereka rindu dengan azan, mereka rindu ingin sholat berjamaah ke tempat saudara Muslimnya di Sumbar yang terkenal dengan kesantunan dan akhlaknya Islami. Namun sesampainya di sumbar, ada yang menolak kehadiran mereka. Ada yang menghina mereka. 

Mereka resah dan menangis, salah kami apa? Bukankah sesama Muslim itu bersaudara? 

Saya melihat, dada Gubernur Irwan Prayitno sesak dan ada gumpalan air disudut matanya.. (Jasman)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu